RODA DAN BAN
A. BAN
Ban
adalah bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Ban-ban
ini berputar pada permukaan jalan dan tenaga mesin di transfer melalui ban.
Fungsi Ban adalah :
1. Untuk
menopang seluruh berat kendaraan.
2. Ban
bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan gaya
pengereman ke jalan,dengan demikian mengontrol gerak
awal,percepatan,perlambatan,pengereman dan belokan.
3. Menyerapkejutan
yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.
Tipe Ban menurut susunan benangnya di bagi
menjadi dua yaitu :
A. Ban Bias
Carcass untuk ban
bias (bias-ply tire) disusun dari lapisan-lapisan benang yang membentuk sudut
300-400 terhadap garis tengah ban. Akan tetapi pada saat
menerima beban vertikal,lapisan benang cenderung mengeliat. Ban bias
menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut,tetapi kemampuan membelok dan
ketahanan ausnya kurang bila dibandingkan dengan ban radial.
Komponen-komponen Ban Bias dan
Fungsinya :
1. Bead
adalah bagian yang bersinggungan dengan pelekdan berfungsi untuk menahan kedua
ujung dari cord yang terdapat didalam carcass,menjamin pemasangan yang kuat
dari ban ke pelek.
2. Sidewall
adalah lapisan benang yang berfungsi untuk melindungi carcass pada bagian
samping ban dan tempat tercantumnya informasi penting dari ban.
3. Inner
tube adalah bagian yang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan berisi
angin yang terdapat dalam ban luar(ban dalam)
4. Breaker
adalah bagian yang terbuat dari benang yang berfungsi sebagai peredam
goncangan/tumbukan & berfungsi sebagai penguat tread.
5. Shoulder
berfungsi sebagai penghubung antara tread dan sidewall.
6. Tread
adalah bagian yang bersentuhan dengan jalan dan berfungsi melindungi carcass
dari keausan dan kerusakan lain.
B. Ban Radial
Carcass ban radial
terdiri dari lapisan benang yang tegak lurus dengan garis tengah ban.
Konstruksi seperti ini sangat fleksibel pada arah radial,tetapi kurang tahan
terhadap beban memanjang ke sekeliling roda. Oleh sebab itu ban radial
dilengkapi dengan belt (biasa disebut rigid breaker) terbuat dari benang
tekstil kuat atau kawat yang dibalut karet. Susunan seperti ini membuat tread
lebih rigid. Ban radial yang rigid menghasilkan kemampuan membelok dan
kemampuan kecepatan tinggi yang baik serta tahanan gelindingnya rendah. Pada
ban ini biasanya juga memiliki daya tahan aus yang tinggi,tetapi bila
digunakkan pada jalan yang tidak rata (jalan bertonjolan) dengan kecepatan
rendah kenikmatan pengendara menjadi berkurang.
Komponen-komponen ban Radial
dan Fungsinya :
a. Tread
adalah bagian yang bersentuhan dengan jalan dan berfungsi melindungi carcass
dari keausan dan kerusakan lain.
c.
Inner liner adalah pengganti
ban dalam dan terbuat dari campuran karet yang kedap udara.
d.
Belt berfungsi sebagai
penahan carcass untuk mendapatkan bentuk telapak ban agar dapat menelapak
dijalan dengan sempurna dan memperkokoh carcass agar selalu dapat
mempertahankan bentuk bulat dari konstruksi ban.
e.
Reinforcing rubber adalah
karet penguat
f.
Rim lines adalah suatu garis
yang harus terkena oleh bagian ujung oleh ban dan menunjukkan tepat pemasangan
ban tersebut.
g.
bead wires adalah bagian ban
yang berhubungan dengan pelek yang berfungsi sebagai pengunci agar carcass
dapat duduk melekat pada pelk.
h.
Chafer adalah karet lentur.
Tipe Ban menurut ada tidaknya ban dalam
a. Ban
Biasa Dengan Ban Dalam
Ban
biasa didalamnya terdapat ban dalam untuk menampung udara yng dipompakan
kedalam ban. Katup pentil menjadi satu dengan ban dalam,dan akan segera kempes
bila tertusuk benda tajam.
Bagian bagian:
1. Whell
rim
2. Air
valve
3. Inner
tube
b. Ban
Tubeless
Ban
tubeless tidak mengguakkan ban dalam. Tekanan udara hanya ditahan oleh lapisan
dalam ban,yaitu lapisan karet yang kedap udara. pentil langsung dipasang pada
pelk.
Kelebihan:
1. Bila
terjadi kebocoran udara tidak langsung keluar
2. Bila
bocor tidak usah melepas roda.
Bagian-bagiannya:
1. Wheel
rim
2. Air
vallve
3. Inner
liner
REFERENSI
Bila tertusuk benda
tajam,lapisan ban tubeless menghasilkan efek merapatkan sendiri dan tidak mudah
kempes.
BAN CADANGAN
1. Ban
cadangan sementara (ban tipe T)
Bentuknya lebih
kecil,menghemat tempat dan bagasi,penggunaannya bersifat sementara,ban tubeless
dengan carcass model bias.lebar tread dan keseluruhan lebih kecil,tread lebih
tipis. Untuk mengimbangi beban dan kekuatannya,maka tekanan udaranya dibuat
lebih besar yaitu 4,2 kg/cm2(60 psi)
2. Sistem
kode spesifikasi Ban dan Pelek.
Ø Ban
a. Ban
bias
b. Ban
radial
/
c. Sistem
kode ban ISO (International Standardization Organization)
/
Keterangan:
1. Lebar
ban dalam inchi(ban bias) atau mili meter (ban radial)
2. Kecepatan
maksimum yang diizinkan
3. Diameter
pelek dalaam inci
4. Kapasitas
maksimum dalam membawa beban dalam satuan ply rating (kekuatan ban A 4PR sama
dengan kekuatan ban yang menggunakkan 4 lapis benang katun)
5. Aspect
ratio (tinggi/lebar ban) dalam persen
6. Ban
radial
7. Kapasitas
mengangkut beban (load index)
KODE KECEPATAN MAKSIMUM YANG DIIZINKAN
Kode
|
Kecepatan
(km/jam)
|
Kode
|
Kecepatan
(km/jam)
|
K
|
110
|
R
|
170
|
L
|
120
|
S
|
180
|
M
|
130
|
T
|
190
|
N
|
140
|
U
|
200
|
P
|
150
|
H
|
210
|
Q
|
160
|
V
|
210
atau lebih
|
Anda telah membaca artikel tentang roda dan ban dan anda juga bisa menemukan artikel roda dan ban ini dengan url http://hbiepwidjaia.blogspot.com/2013/06/roda-dan-ban.html.Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel roda dan ban ini jika memang bermanfaat bagi Anda, namun dengan catatan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.