Sistem klep hanya digunakan pada sepeda motor 4 tak. Jadi sepeda motor 2
tak tidak menggunakan sistem klep. Klep dikenal juga dengan istilah
katup. Penyetelan klep ini bertujuan agar campuran gas dari karburator
dapat masuk dengan pas dan sesuai ke dalam ruang bakar. Selain itu
bertujuan agar gas sisa pembakaran dapat keluar dengan mudah ke saluran
buang ( knalpot). Penyetelan celah klep yang terlebar memang membuat
tarikan mesin menjadi lebih ringan. Tapi bila terlalu lebar celah
katupnya membuat mesin jadi sangat berisik. Begitu pula sebaliknya bila
terlalu rapat celahnya, mesin menjadi susah hidup. Klep terlalu cepat
membuka dan terlalu cepat menutup. Sehingga suplai campuran gas ke ruang
bakar menjadi terhambat. Kondisi lebih parahnya adalah kompresi menjadi
bocor, bila setelah klep terlalu rapat. Untuk penyetelan klep harus
dilakukan dengan benar dan sesuai standar penyetelan.
Standar celah klep sepeda motor adalah 0,05 mm. Pada beberapa sepeda
motor seperti GL dan sekelasnya celah klepnya adalah 0,10 mm. Untuk
sepeda motor merk Yamaha setelan klepnya adalah 0,07 mm. Jadi setelan
klep sesuai dengan standarnya. Bila sepeda motor yamaha, pakailah
setelan 0,07 mm. Demikian juga untuk sepeda motor lainnya, ikuti standar
penyetelannya. Lalu alat apa saja yang dibutuhkan dalam penyetelan
klep:
1. Fuller gauge
2. Kunci ring 8 mm atau kunci 10 mm untuk sepeda motor GL
3. Kunci sock untuk sesuaikan ukurannya dengan baut pada as magnet
4. Kunci khusus untuk setelan klep.
5. Obeng minus
Setelah anda siapkan peralatan di atas, maka marilah kita mulai melakukan penyetelan celah klep:
1. buka tutup lubang poros engkol dan tutup lubang pemeriksaan tanda pengapian dengan obeng minus
2. Putar poros engkol dengan menggunakan kunci sock arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.
3. Paskan tanda “T” yang ada pada rotor magnet di lubang tanda pengapian
di bak mesin sebelah kiri ( tempat tutup bak dari rotor magnet /
sepul).
4. Buka tutup lubang penyetelan klep. Cek apakah klep bergoyang. Bila
klep tidak bisa digoyangkan, maka putar terus poros engkol 360 derajat
hingga tanda “T “ di rotor magnet kembali terlihat dari lubang
pemeriksaan tanda pengapian.
5. Cek bila klep sudah bisa digoyangkan, baru mulai penyetelan.
6. penyetelan yang pertama adalah dengan memasukkan fuller gauge ke
dalam celah antar rocker arm dan noken as nya. Bila fuller dapat masuk
dengan ukuran 0,05 mm, maka cobalah memasukkan ukuran yang lebih besar,
misalkan 0,10 mm. Bila fuller gauge dengan ukuran 0,10 mm dapat masuk
maka lakukan penyetelan. Tapi bila ukuran tersebut tidak bisa masuk, tak
perlu disetel. Artinya setelan klep sudah benar.
7. Bila setelan klep tidak benar atau terlalu lebar, maka anda kendorkan
mur pengunci pada sekrup penyetelan dengan kunci ring 8 mm
8. Gunakan kunci khusus penyetel klep untuk memutar sekrup penyetelan
klep. Arah putarannya searah dengan arah pengencangan. Tes apakah fuller
gauge ukuran 0,05 mm tersebut dapat masuk dengan sesak atau seret. Bila
sudah sesak, artinya setelan sudah benar.
9. Kencangkan mur pengunci, tapi sambil menahan sekrup penyetel tidak ikut berputar.
10. Pasang kembali tutup lubang penyetelan klep.
11. Lakukan hal yang sama pada klep yang satunya lagi.
12. Setelah kedua klep selesai disetel tutup kembali tutup lubang pemeriksaan tanda pengapian dan tutup lubang poros engkol.
Setelah selesai menyetel klep , hidupkan mesin sepeda motor anda. Bila
mesin hidup dengan suara yang halus, artinya setelan klep anda benar.
Tapi bila mesin tidak bisa hidup , artinya setelan anda terlalu rapat.
Demikan pula bila mesin terlalu berisik, maka setelan klepnya terlalu
renggang. Selamat mencoba menyetel klep sepeda motor Anda.
Anda telah membaca artikel tentang Cara Menyetel Celah Klep Sepeda Motor. dan anda juga bisa menemukan artikel Cara Menyetel Celah Klep Sepeda Motor. ini dengan url http://hbiepwidjaia.blogspot.com/2013/06/cara-menyetel-celah-klep-sepeda-motor.html.Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Cara Menyetel Celah Klep Sepeda Motor. ini jika memang bermanfaat bagi Anda, namun dengan catatan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.