Pegas termasuk dalam komponen suspensi yang berguna meredam kejutan dan
getaran akibat jalan yang tidak rata. Pegas yang digunkan pada susepensi
ada 3 macam yaitu :
- Pegas koil.. Pegas ini bentuknya seperti lilitan. Pegas
inilah yang paling banyak digunakan untuk kendaraan dengan beban ringan.
Contohnya pada mobil sedan dan sepeda motor.
- Pegas daun. Bentuknya lembaran panjang. Umumnya digunakan pada kendaraan berbeban berat seperti truk, bus , dll.
- Pegas batang torsi. Pegas inilah yang sangat jarang dilihat. Pegas ini terbuat dari batang baja, yang tahan terhadap puntiran.
Demikan pengenalan mengenai macam - macam pegas yang digunakan pada suspensi.
Berikut ini adalah komponen dari shockbreker depan sepeda motor Honda:
- Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
- Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
- Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
- Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke
dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet
atau aus.
- Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara
slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini
disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
- Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang
antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak
shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas
torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya
oksilasi dari pegas garpu dan pegas reaksi.
- Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari
roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat
jalan yang tidak rata.
- Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas.
Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari
torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke
jalan yang tidak rata.
- Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu,
sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut
garpu terdapat ring sil oli.
Demikian komponen - komponen shockbreker depan sepeda motor Honda. Untuk
sepeda motor merk lain hampir sama, hanya ada sedikit sekali saja
perbedaanya.
Anda telah membaca artikel tentang Macam - Macam Pegas Suspensi dan anda juga bisa menemukan artikel Macam - Macam Pegas Suspensi ini dengan url http://hbiepwidjaia.blogspot.com/2013/06/macam-macam-pegas-suspensi.html.Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Macam - Macam Pegas Suspensi ini jika memang bermanfaat bagi Anda, namun dengan catatan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.