Posted on .
Ada 3 sekerup di karburator yang memegang peran penting
membuat mesin bensin menjadi optimal. Berikut ini 6 cara menyetel
karburator mobil.
1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
2. Sekerup RPM mesin diturunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja.
3. Sekarang mulaid engan menyetel sekrup idle (campuran udara dan
bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali
ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan
mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin
dan udara terbaik.
4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setelah sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM
sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai
mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.
6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan
Random Posts
- PORTING PENTING SAAT SETTING
Upaya
mendongkrak performa mesin, bukan sekadar ganti komponen racing. Tak
kalah penting, melakukan porting kepala silinder. Maksudnya, agar
pasokan bahan bakar-udara masuk lebih banyak dan lancar. Na...
- Cara Memeriksa Poros Gardan
Pemeriksaan poros gardan dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
a. Pembongkaran
Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
...
- Mengetahui Apa Itu Otomotif?
ArtikelOtomotif.com
- Kita sudah sering membaca, melihat dan mendengar kata Otomotif tetapi
pernahkah Anda bertanya tentang pengertian otomotif itu sendiri.
Menurut Artikata.com
Otomotif adalah ka...
- Fungsi Cara Kerja Injeksi
Fungsi
dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik atau
sistem EFI terdiri dari dua sistem utama yaitu sistem bahan bakar,
sistem induksi udara.
a. Sistem Bahan Bakar
Sistem Ba...