Agar menghasilkan tenaga gerak, pada mesin bensin diiakukan tahapan proses berikut :
1) Pengisapan gas (campuran bensin dan udara) ke dalam silinder ketika piston bergerak turun.
2) Kompresi di dalam ruang bakar ketika piston bergerak naik. Di
akhir kompresi ini dilakukan penyalaan oleh busi, agar gas terbakar.
3) Kerja yaitu bergeraknya pinton ke bawah karena terdesak oleh gas hasil pembakaran yang bersuhu dan bertekanan tinggi.
4) Pembuungan, yaitu membuang gas sisa pembakaran ke luar silinder.
Proses pengisapan gas ke dalam silinder. mengkompresikan,
membakarnya, kerja, dan membuang gas bekas pembakaran ke luar silinder
disebut satu siklus.
untuk melaksanakan satu siklus dapat dilakukan dua cara, yaitu:
- satu siklus dilakukan dalam empat langkah torak. Cara ini ada pada mesin bensin empat langkah (mesin 4 tak), dan
- satu siklus dilaksanakan dalam dua langkah torak. Cara ini ada pada motor bensin dua langkah (mesin 2 tak).
# Langkah isap
Pada langkah ini, torak bergerak dari TMA ke TMB,
katup isap terbuka sehingga gas (campuran bensin dan udara) terisap
masuk ke silinder.
Katup isap kemudian tertutup ketika torak mencapai TMB.
# Langkah kompresi
Pada langkah ini, torak bergerak dari TMB
ke TMA, katup isap dan katup buang tertutup, sehingga gas termampatkan
(terkompresikan).
Akibat kompresi ini, suhu dan tekanan gas naik, sehingga akan terbakar.
Sesaat sebelum terak mencapai TMA, busi memberi loncatan bunga api dan terjadilah pembakaran.
# Langkah kerja
Pada Iangkah ini, torak terdorong dari TMA ke
TMB oleh kekuatan tekanan gas hasil pembakaran. Gerakan torak pada
langkah ini disebut melakukan kerja, yang selanjutnya dijadikan sebagai
tenaga gerak dari mesin.
# Lungkuh buang
Pada langkah ini, torak bergerak dari TMB ke
TMA, katup buang terbuka, sehingga gas sisa pembakaran terdorong keluar
silinder melalui lubang katup buang dan saluran pembuangan. Setelah
torak mencapai TMA,
dari sini akan dimulai lagi siklus berikutnya yang diawali dengan pengisapan gas baru.
Gerakan bolak-balik torak diubah oIeh poros engkol menjadi gerak
putar. Dalam satu siklus yang terdiri atas 4 langkah torak (isap,
komprcsi, usaha, dan buang), poros engkol telah melakukan 2 putaran
penuh.
Ketika torak bergerak naik saluran pembilas A tertutup torak dan kompresi dimuIai.
Sementara itu saluran pemasukan C membuka dan gas (campuran udara dan
bensin) masuk ke ruang engkol. Penyalaan dan pembakaran terjadi pada
waktu torak mulai bergerak
turun, saluran buang B membuka. Ketika
saluran pembilas A membuka gas baru yang berada di ruang engkol terdesak
memasuki silinder sambil mendesak gas bekas pembakaran keluar siilinder
melalui saluran buang B
Torak (piston) berfungsi untuk memindahkan tenaga yang diperoleh dari
hasil pembakaran ke poros engkol. Pada piston terdapat
komponen-komponen pelengkapnya, yaitu :
* Batang penghubung (connecting rod untuk menghubungkan piston dengan poros engkol.
* Pena torak (piston pin), untuk mengikat piston dengan batang penghubung melalui lubang bushing
Cincin torak (ring piston), berfungsi membentuk perapat yang kedap
terhadap kebocoran gas antara celah torak dan silinder,sekaligus
mengatur pelumasan torak dan dinding silinder. Cincin torak terdiri atas
cincin kompresi dan cincin pelumas.
Poros engkol (crank shaft), berfungsi mengubah gerak bolak-balik
torak menjadi gerak putar yang selanjutnya digunakan untuk memutarkan
roda. Poros engkol dilengkapi bantalan-bantaIan yang berfungsi
menghindari gesekan-gesekan yang terjadi antara poros
engkol dengan
bagian-bagian yang berputar lainnya. Bagian poros engkol yang menumpu
torak disisipi bantalan luncur yang disebut metal jalan, sedangkan
bagian poros engkol yang menopang pada blok mesin disisipi bantalan
luncur yang disebut metal duduk.
Roda gila atau roda penerus, berfungsi menerima sebagian tenaga yang
diperoleh dari langkah kerja dan memberikan tenaga kepada
langkah-langkah lainnya. Di bagian luar roda gila dipasang roda gigi
cincin (ring gear),
Roda gigi ini digunakan untuk berkaitan dengan roda gigi pinion pada motor starter pada saat mesin akan dihidupkan.
Anda telah membaca artikel tentang cara kerja mesin bensin dan anda juga bisa menemukan artikel cara kerja mesin bensin ini dengan url http://hbiepwidjaia.blogspot.com/2013/06/cara-kerja-mesin-bensin.html.Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel cara kerja mesin bensin ini jika memang bermanfaat bagi Anda, namun dengan catatan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.