Mesin empat tak
adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran
terjadi empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam
pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan
sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah
tersebut meliputi, langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan
langkah buang yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros
engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin
diesel.
Prinsip kerja
Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
- TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston
berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada
pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
- TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston
berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada
pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
Langkah kesatu
Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup
keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas
(sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar, dapat dilihat pada
sistem pemasukan.
Langkah kedua
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar
tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi.
Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan
(timing ignition) terjadi, pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan
pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar.
Langkah ketiga
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam
ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah
ini adalah proses langkah yang menghasilkan tenaga.
Langkah keempat
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan
katup keluar terbuka, mengakibatkan gas hasil pembakaran terdorong
keluar menuju saluran pembuangan. Proses selanjutnya di saluran
pembuangan dapat dilihat pada sistem pembuangan.
Cara Kerja Mesin Bensin yang BENAR
CARA KERJA MESIN BENSIN yang BENAR :
Pertama Bensin dan Udara dimasukkan melalui lubang
Intake , lalu terjadi Kompresi ( Piston naik ketitik mati atas ), pada
saat Piston posisi di puncak terjadi pengapian ( oleh Spark Plug )
terjadi pembakaran / peledakan , Piston tertekan menuju Titik mati
bawah , sisa pembakaran ( asap ) dikeluarkan melalui lubang Exhaust .
Urutan proses ini berulang terus menerus selama mesin hidup. Dikatakan
pembakaran sempurna karena pembakaran / peledakan terjadi saat
Kompresi tertinggi ( Piston pada puncak ), sehingga terjadi daya putar
Crankshaft terkuat.
Cara Kerja Mesin Bensin yang SALAH.
Pada saat campuran Udara dan Bensin dimasukkan melalui
lubang Intake, lalu terjadi Kompresi tetapi sebelum Piston sampai
puncak (baru sampai setengah atau tiga perempat ) telah terjadi
pembakaran / peledakan. Piston tertekan menuju titik mati bawah , sisa
pembakaran ( asap ) dikeluarkan melalui lubang Exhaust. Urutan ini
berulang terus menerus
selama mesin hidup . Dikatakan pembakaran kurang
sempurna karena pembakaran / peledakan terjadi saat Kompresi belum
tertinggi ( Piston belum sampai puncak ), sehingga daya putar Crankshaft
lemah . Akibatnya yang paling mudah dirasa : terjadi ngelitik /
knocking , tenaga mesin loyo , BBM boros , menimbulkan kerak arang dan
lain lain resiko.
Hal ini terjadi karena :
- Bahan bakar
- Kualitas Bahan Bakar yang kurang baik/ kurang sesuai dengan kebutuhan Rasio Kompresi
- Timing Ignition : tidak tepat ( perlu penyetelan ulang ).
- Kerak arang : terlalu tebal (memicu penyalaan pembakaran sebelum waktunya).
- Beban : terlalu berat / melebihi kapasitas.
- Tanjakan : terlalu tinggi sudut tanjakannya.
- Lain lain : seperti keausan komponen dll.
Untuk mengatasi kualitas bahan Bakar , ORCA POWER
MAKER menawarkan solusi terbaik untuk meningkatkan mutu / kualitas
BBM dapat ditingkatkan secara maksimal sesuai kebutuhan mesin
kendaraan dan menghasilkan daya dorong yang kuat serta pembakaran yang
nyaris sempurna.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_empat_tak
Anda telah membaca artikel tentang CARA KERJA MESIN BENSIN 4 TAK dan anda juga bisa menemukan artikel CARA KERJA MESIN BENSIN 4 TAK ini dengan url http://hbiepwidjaia.blogspot.com/2013/07/cara-kerja-mesin-bensin-4-tak.html.Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel CARA KERJA MESIN BENSIN 4 TAK ini jika memang bermanfaat bagi Anda, namun dengan catatan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.